Sabtu, 02 Juli 2011

Materi Ramadhan

Materi Ramadhan

oleh Nur Adi Septanto pada 22 Agustus 2010 jam 11:06
MENEGUHKAN KEIMANAN
MENEGUHKANIMAN DENGAN SYUKUR
Hai orang-orang yang beriman, makanlahdi antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlahkepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah. (QS Al Baqarah/ 2:172)
Keimanan seseorang erat kaitannya denganwujud syukur kepada Allah SWT sebagai pemberi rizki. Dengan selalu mensyukuriapa yang telah dianugrahkan maka keimanan seseorang meningkat. Sadar bahwadirinya terus menerus mendapatkan limpahan rizki dari-Nya. Dalam bentuk apasaja, baik fisik maupun psikis.
MENEGUHKAN IMAN DENGAN DZIKIR
Hai orang-orang yang beriman,berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS.Al Ahzab/ 33: 41)
Seseorang yang senantiasa mengingat AllahSWT dalam segala keadaan telah menetapkan-Nya sebagai pengawas. Ia merasakanbahwa segala polah tingkahnya senantiasa diawasi. Sehingga ia tidak gegabahdalam bertindak.
MENEGUHKAN IMAN DENGAN AMAL SHALIH
Demi masa. Sesungguhnya manusia itubenar-benar dalam kerugian,kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakanamal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehatmenasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al 'Ashr/ 1-3)
Iman itu dibuktikan dengan amal shalih.Tanpa adanya iman dan amal shalih seluruh jenis manusia dalam keadaan rugi.Maka Amal shalih memiliki fungsi penguat iman. Dengan memperhatikan amal, sibukmengelola amal shalih, seseorang akan berusaha berpindah dari amal shalih satukepada amal sahalih yang lain.
Karena itu ikutilah tips SMART beramalshalih berikut ini:
S- adalah Self Confidence
Dalam beramal shalih kita harus percayadiri. Meyakini kebenaran amal dan hanya mengharap ridha-Nya. Tidak takabbur danriya' (mengharap pujian orang lain).
M- adalah Motivate Your Self
Dalam beramal shalih apa saja, shalatsunnah, puasa sunnah, saling menasehati, dan sebagainya hendaklah didorong ataskepedulian kita kepada sesama muslim. Kita sendiri yang mau mengubah polapikir/ mindset untuk sebuah perubahan.
Sesungguhnya Allah tidak merobahKeadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri merekasendiri. (QS. Ar Ra'd/ 13: 11)
A- adalah Avoid Unnecessary Things
Hindari segala sesuatu yang tidakmendatangkan manfaat. Selalu mempertanyakan kepada diri ketika akan melakukansesuatu dengan model pertanyaan AMBAK: Apa Manfaat Bagi Ku? Kalau minimmanfaat, buat apa dikerjakan. Cari yang bermanfaat tinggi! Optimalisasi perandiri di tengah masyarakat.
R- adalah Read Every Moment
Baca. Aktivitas ilmiah yang setiap saatbisa dilaksanakan. Tidak saja membaca ayat-ayat qouliyah (termaktub dalam alquran) juga, ayat-ayat Kauniyah, tanda-tanda ciptaan Allah di alam semesta.
T- adalah Time Meanings
Luar biasa waktu yang dimilikinya selaludiupayakan memberikan arti yang besar bagi kehidupan fid dunya wal akhirah.Maka doa sapu jagad yang selalu kita minta, rabbana atina fidunnya hasanah wafil akhirati hasanah. Memohon kebaikan dunia akhirat. Harus dinyatakan dalamamal shalih keseharian. Mulai dari bangun tidur hingga bangun kembali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar